Jumat, 24 Juli 2009

Smart concrete with Carbon Fiber Reinforced

Beton merupakan salah satu elemen terpenting dalam perkembangan infrastruktur suatu Negara. Penggunann beton disesuaikan dengan kebutuhannya apakah sebagai penyangga, penguat, penghubung, penahan, dan masih banyak lagi fungsi beton yang penting lainnya. Alasan itulah yang melatarbelakangi banyaknya penemuan beton cerdik yang memiliki karakteristik dan kelebihan tersendiri dewasa ini. Salah satunya adalah beton cerdik dengan perkuatan serat karbon (Chung,et al). Serat karbon disini merupakan polimer sintetis yaitu polyacrylonitrile (PAN) yang ada di pasaran dalam berbagai bentuk. Serat karbon merupakan konduktor yang baik sehingga harga R (Resistance) berubah sesuai dengan aliran panas yang diterimanya. Teknik penyebaran serat karbon dalam campuran beton merupakan penentu dalam keberhasilan teknologi beton dengan perkuatan serat karbon ini. Dua cara yang mungkin yaitu:
1. Mencampur serat karbon dengan semen dan aggregate halus dalam keadaan kering (dry mix)
2. Menebarkan serat karbon dalam air kemudian tuang ke dalam slurry dengan semen dan aggregate halus (wet mix) cara ini paling banyak dipakai.
Dalam suatu proses pembuatan beton, yang perlu diperhatikan ada kekuatan, keekonomisan, dan durabilitas bahan dari beton tersebut. Durabilitas adalah daya tahan suatu bahan terhadap beban yang akan diterimanya. Beton dengan perkuatan serat karbon ini dapat mendeteksi beban dinamis yang diterimanya dengan perubahan Resistance (R) serat karbon ketika menerima beban. Ini sangnat berguna untuk paving, bridge, dan bangunan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar